TajwidQuran.Com Situs Belajar Tajwid Al Qur’an

Al Qur’an merupakan kitab suci Agama Islam dengan bahasa dan tulisan menggunakan bahasanArab dan huruf hijaiyah. Jadi sebagai orang Indonesia agar bisa membaca Al QUr’an perlu belajar terlebih dahulu.

Sebagai umat Islam, maka ketiga anak saya setiap sore belajar mengaji di TPQ Al Falah yang terletak di kelurahan bobosan. Metode yang digunakan dalam TPQ tersebut adalah metode qirooati.

Ketika masuk anak-anak ataupun dewasa akan masuk kelas Pra TK, Jilid I, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4, Jilid 5. Setelah itu mereka akan masuk Juz 27 dan Jilid 6 atau finishing.

Dalam kelas finishing tersebut, mereka akan belajar dan digembleng membaca Al Qur’an, dengan rincian materi sebagai berikut :

  1. Tajwid Qur’an yang meliputi hukum nun mati, mim mati, mad, dan lain-lain
  2. Ghorib, atau bacaan-bacaan yang khusus pada Al QUr’an
  3. Hafalan Juz Amma

Setelah itu mereka akan belajar mengurai Tajwid Al Qur’an per ayat dan dari awal sampai akhir. Salah satu referensi untuk belajar mengurai AL Qur’an adalah situs TajwidQuran.Com

tajwidquran

Dalam situs TajwidQuran.Com tersebut, diuraian tajwid Al Qur’an secara detail per ayat dan sangat jelas, dengan ditandai per hurufnya juga. File-filenya berbentuk .pdf, sehingga bisa di download untuk bisa dipelajari di rumah atau bisa juga dicetak.

 

Leave a Reply