Sekolah Catur Utut Adianto

Jakarta, Beritasatu.com – Persatuan Catur Seluruh Indonesia membuka pintu lebar-lebar bagi Dadang Subur, pemilik akun Dewa Kipas dalam situs chess.com, untuk bergabung dalam organisasi tersebut. Organisasi catur Tanah Air terbuka bagi pihak-pihak dengan kemampuan catur yang mumpuni. Karir Medina di kancah dunia catur nasional sudah tidak perlu diragukan lagi.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Irene Sukandar mencuri perhatian publik. Ya, Irene Sukandar akan menjalani laga uji coba melawan Dewa Kipas alias Dadang Subur di podcast Deddy Corbuzier pada Senin (22/three/2021) pukul 15.00 WIB. Atlet sekaligus Grandmaster Catur Indonesia Irene Kharisma Sukandar, melayangkan surat terbuka ke Deddy Corbuzier.

“Untuk gelar CM diperoleh Arjuna Satria Pamungkas (U-10) dan As Syahsyah Syakish Thirof (U-eight). Sedangkan untuk WCM diperoleh Armenia Zendy Purwanto (G-10) dan Cecilia Natalie Liuviann (G-14),” imbuhnya. Tim Catur Indonesia berhasil membawa pulang 7 Emas, 9 Perak, dan four Perunggu dari kejuaraan 4th Eastern Asia Youth Chess Championship di Bangkok, Thailand, yang berlangsung sejak Agustus 2019. Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah menyampaikan pelaksanaan vaksinasi pelayan publik dosis pertama sudah mencapai 40.889 orang.

Jika berdasarkan raihan poin, pemain yang timnya kuat dan primary di meja atas tentu lebih sulit meraih poin dibanding pemain yang timnya main di meja bawah. Pada 22 maret 2021, duel antara GM Irene dan Dewa Kipas terlaksana secara reside di podcast Deddy Corbuzier untuk membuktikan kapasitasnya sebagai seorang Grandmaster. Irene ditantang untuk membuktikan dirinya bahwa hasil yang dilakukan Dewa kipas dalam urutan atau ranked catur online adalah bentuk kecurangan berdasarkan statistic dari chess.com. Ia meraih gelar Master Nasional pada tahun 1978, dilanjutkan Master FIDE dan Master Internasional pada tahun 1982. Handoko pernah empat kali menjadi juara nasional, yaitu pada tahun 1978, 1979, 1984 dan 1991. Ia lalu menjelaskan bahwa bermain dadu dan catur akan menjadi haram jika membuat orang yang melakukannya melalaikan salat.

Menurut Irene, peristiwa ini telah mencoreng pecatur profesional di dunia catur Internasional. Ia juga mengajak Dedy Crobuzier untuk sama-sama meluruskan pemberitaan yang ramai terjadi. Gelar juara sendiri pertama didapatkan pada saat ia duduk di kelas 5 SD. Ini jadi tanda kuat bahwa Irene memang memiliki bakat di permainan penuh strategi ini. “Waktu Bapak gue tanding, disiarkan Live di Twitch, ditonton ribuan orang. Bapak gue menang, para penonton Twitch ngambek. Mereka menuduh bapak gue curang,” tulis akun Ali Akbar di akun Facebook. Ali menjelaskan bahwa Gotham Chess alias Levy Rozman adalah pecatur internasional sekaligus YouTuber dengan subscriber lebih dari seven hundred.000.

Untuk berkembangnya olahraga prestasi dan pembinaan itu sebutnya perlu beberapa faktor pendukung, diantaranya kepedulian dari pembina, pelatih dan para atlet, serta dukungan dari sarana pra sarana guna meningkatkan potensi para atlet. Perdebatan di kalangan warganet semakin tajam menjelang pertandingan Irene Kharisma Sukandar lawan Dewa Kipas, Senin (22/three/2021) pukul 15.00. Sebagian mendukung Irene, tetapi banyak yang menanti keajaiban Dewa Kipas. Maka itu, PB Percasi harus ambil momentum untuk memperkuat pembinaan catur nasional.

Berdasarkan situs internet chess-db.com, Samantha saat ini berada di peringkat ke-5 dunia untuk kategori U-10. Samantha Edithso tidak butuh waktu lama untuk menyandang status juara dunia. “Anaknya optimis, mentalnya baja, kuat melebihi cowok dan orang dewasa. Samantha juga selalu penuh kejutan, saat bermain suka melakukan langkah tidak terduga. Pernah mengorbankan tiga perwira sekaligus, ternyata itu bisa mengalahkan lawan,” ujarnya.

Masing-masing nama pecatur tersebut memiliki ranking yang terdaftar di PB Percasi. Adapun 1.012 di antaranya merupakan pecatur bergelar yang didapatkan dari prestasi bermain catur baik di tingkat nasional atau internasional. Situasi itu merupakan efek dari viralnya kemenangan Dewa Kipas atas Levy Rozman , Master Internasional, di pertandingan catur online.

Polemik ini berawal dari permainan catur on-line, Chess.com, yang diikuti oleh Dadang Subur melawan gamer catur dunia Levy Rozman . Dadang nyatanya berhasil memenangkan pertandingan tersebut dalam waktu yang singkat. Pengelola chess.com menilai akun Dewa Kipas melakukan kecurangan dalam pertandingan catur online karena terindikasi menggunakan bot atau aplikasi bantuan. ELO rating game slot online 2.300 yang didapatkan Dadang Subur, menurut Ali memang murni dari hasil kerja cerdas dirinya memainkan catur di chess.com. Ali Akbar juga mengonfrmasi, ayahnya baru bergabung major catur on-line sejak 12 Februari lalu.