Rumus Untuk Mengetahui Umur Berdasarkan Tanggal Lahir Menggunakan Microsoft Excel

Malam MInggu kemarin, tepatnya Hari Sabtu tanggal 22 Juli 2017, kami melakukan rapat koordinasi Panitai P3D Desa Dawuhan WEtan untuk membahasa 3 hal, yaitu :

1. Pembahasan Jadwal P3D

2. Pembahasan Tata Tertib

3. Anggaran Belanja P3D

Dalam pembahasan mengenai batasan umur calon peserta terjadi perdebatan yang cukup alot untuk penentuan umur maksimal calon peserta P3D.  Berdasarkan Perbup No 37 Tahun 2017, disebutkan bahwa warga negara RI yang boleh mendaftar adalah yang berumur 20-42 tahun pada saat mendaftarkan diri ke Panitia P3D.

Kemudian teman panita P3D, yaitu ibu Lilis Suryatini, S.Pd berpesan agar dibuatkan Rumus Untuk Mengetahui Umur Berdasarkan Tanggal Lahir Menggunakan Microsoft Excel, akhirnya setelah pulang langsung saya oprek excel, karena sudah lama sekali tidak bermain-main dengan rumus date, baik itu di excel, vb 6 maupun php.

Asumsi Hasil rumus tersebut adalah sebagai berikut :

hitung umur dan keputusan

Terdiri dari 6 kolom yaitu: Nomor, Nama Peserta, Tanggal Lahir, Tanggal Daftar, Umur, kemudian keputusan. Kolom umur Asumsinya adalah tanggal daftar dikurangi dengan tanggal lahir, dan nanti ketemunya adalah umur berapat tahun, berapa bulan, dan berapa hari.

Kolom Keputusan isinya adalah dua pernyataan, apakah peserta diterima atau ditolak pada saat mendaftar, Diterima bila pada saat pendaftaran, umur peserta adalah kurang atau sama dengan42 tahun pas [42 tahun, 0 bulan, 0 hari), ditolak bila umurnya 42 tahun lebih.

Rumus Untuk Mengetahui Umur Berdasarkan Tanggal Lahir Menggunakan Microsoft Excel

Fungsi yang digunakan dalam pembuatan rumus ini adalah fungsi DateDif , dikolom umur rumusnya adalah :

=+DATEDIF(C4;D4;”Y”)& ” tahun “&DATEDIF(C4;D4;”YM”)& ” bulan ” & DATEDIF(C4;D4;”MD”)&” Hari”

Fungsi yang digunakan dalam pembuatan rumus ini adalah fungsi If bercabang dan DateDif , dikolom keputusan rumusnya adalah :

=IF(DATEDIF(C4;D4;”Y”)<=41;”DITERIMA”;IF(AND(+DATEDIF(C4;D4;”Y”)<=42;DATEDIF(C4;D4;”md”)=0);”DITERIMA”;”DITOLAK”))

Bila rumus tersebut digunakan, maka hasilnya akan seperti gambar di atas.

Bila ingin melihat hasil dari file excelnya silakan download di sini

 

Leave a Reply