Link Dan Cara Daftar Vaksinasi Covid

Syaratnya, organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Vaksinasi terhadap lansia bisa dilakukan melalui Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda. KOMPAS.com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan.

Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi. Maka dari itu, dirinya meminta bantuan dari anak muda agar mau mengajak orangtua, kakek, nenek, atau mertua agar mau divaksin. “Tahapannya lansia yang sudah dihubungi oleh faskes datang ke faskes, kemudian mereka melakukan screening. Walaupun sebetulnya malam kita hubungi juga dilakukan screening singkat untuk memastikan kondisinya baik-baik saja, sedang ada keluhan atau tidak, sehingga bisa dilanjutkan pada hari ini,” jelas Iqbal.

Kementerian Kesehatan menargetkan 21,5 juta orang lansia bersama 17,4 pekerja publik yang akan disuntik vaksin hingga Mei 2021. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada tahap 2 untuk pelaksanaan vaksinasi bagi Lansia dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk Lansia akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, di prioritaskan di Jawa – Bali. Sebab, kelompok lanjut usia ini paling rentan terpapar virus corona, khususnya bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Pendataan kolektif akan melibatkan para kader PKK di masing-masing dusun. “Nah untuk lansia terlantar nanti pendataannya dilakukan dengan sistem manual kolektif. Bisa dikoordinasikan dengan pengelola panti,” jelas Joko. Selain menyetujui indikasi untuk kelompok Lansia, Badan POM juga memberikan persetujuan untuk alternatif durasi pemberian pada 0 dan 28 hari untuk populasi dewasa yang menjadi alternatif penggunaan pada kondisi rutin . Meskipun durasi pemberian 0 dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan regimen yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian zero dan 14 hari.

Dikutip dari Bloomberg, uji klinis vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua di Cina yang melibatkan 400 orang lanjut usia menunjukkan hasil yang baik dari peningkatan jumlah antibodi. Penyakit ini banyak ditemukan pada mereka yang tinggal di panti jompo atau tempat penampungan, dan lansia dengan penyakit kronis. “Ini merupakan bentuk komitmen kami terhadap kesehatan dan keselamatan warga Jatim. Kami akan mempercepat proses vaksinasi secara massal,” ujar mantan Menteri Sosial tersebut.

Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi mobile. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer. Berdasarkan knowledge Dinkes, terdapat sekitar 36.466 lansia yang mendaftar untuk menerima vaksin Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.457 orang sudah menerima vaksin dosis pertama.

Jakarta – Orang lanjut usia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Calon penerima vaksin COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik. Bila lansia calon penerima vaksin tidak memiliki telepon genggam, information dirinya akan dikumpulkan oleh petugas setempat. Calon penerima vaksin COVID-19 akan menerima SMS untuk menjalani vaksinasi dari pemerintah melalui nomor PEDULI COVID.

Atas dasar itu pula, Budi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengajak anggota keluarganya yang lansia mengikuti program vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi pada kelompok lansia tahap awal ini dilakukan di Ibu Kota Negara dan Provinsi terlebih dahulu. Vaksinasi bagi kelompok lansia diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 28 hari. Jumlah vaksin yang didistribusikan pada termin 1 ini adalah untuk 1 dosis untuk sekitar 38% lansia, sementara sisanya akan didistribusikan di bulan Maret. Penjelasan mekanisme pendaftaran vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat kategori lansia di atas 60 tahun. Hanya penerima vaksin yang diperbolehkan menunggu di area Deposit pulsa pelaksanaan vaksinasi.

Risiko berdampak parah bagi lansia yang terkena Covid-19 menjadi faktor pemberian prioritas. Walaupun complete lansia seluruh orang Indonesia yang pernah terpapar Covid-19 hanya 10%. Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,8 per 100 orang.