Langkah Dan Upaya Pemerintah Indonesia Dalam Menangani Dan Menghadapi Covid 19

Kontak dekat dengan orang yang sudah terinfeksi, seperti keluarga yang tinggal serumah dengan penderita. Karena itu, perlu analysis medis yang memadai untuk mendeteksi apakah Anda benar-benar terinfeksi virus corona atau tidak. Virus corona adalah kelompok besar virus yang menyebabkan berbagai jenis penyakit. Demi mencegah situasi ekonomi Indonesia semakin tidak kondusif, pemerintah mulai melihat kemungkinan untuk melakukan relaksasi pembatasan sosial. Dalam rapat terbatas pada tanggal 27 Mei 2020, Presiden Jokowi meminta agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol tananan regular baru.

Virus bisa ditularkan lewat droplet, yaitu partikel air yang berukuran sangat kecil dan biasanya keluar saat batuk atau bersin. Apabila droplet tersebut terhirup atau mengenai lapisan kornea mata, seseorang berisiko untuk tertular penyakit ini. Jika Anda mengalami gejala pernapasan akut seperti sesak napas, batuk parah atau sesak napas, minum teh yang menenangkan, jaggery, kacang-kacangan dapat membantu meredakan penyumbatan sampai batas tertentu. Makanan kaya antioksidan harus dimasukkan ke dalam makanan bersama dengan protein sehat untuk pemulihan lebih cepat. Meskipun tidak ada obat yang secara aktif ‘mencegah’ Covid-19, dokter biasanya meresepkan obat anti-inflamasi atau anti-virus untuk hal yang sama. Tetapi karena banyak di antaranya adalah obat resep dan memiliki khasiat yang kuat, obat ini hanya boleh digunakan setelah berkonsultasi dengan dokter.

Mengingat kita mengetahui sistem dan alur kesehatan masih harus banyak diperbaiki, apalagi saat chaos seperti ini. Ketidakjelasan sistem, waktu tindakan lama, sampai stigma sosial membuat anak kost yang hidup sendiri ini harus rajin cari information sebanyak-banyaknya dan yang paling penting ialah mengontrol diri sendiri. Misalnya, melakukan aktivitas fisik olahraga yang disukai, ngobrol dengan keluarga atau teman lewat telepon atau media sosial, dan lainnya. Sebab itu, stres harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mental seseorang. Selain itu, sebisa mungkin untuk memberikan ruang pada kemampuan masing-masing individu, khususnya dalam hal skill managing day by day life.

Tentu kita tidak ingin anak tertular Virus Corona, tapi usahakan untuk tidak jadi over-protecting hingga mengurung anak dan selalu melarangnya melakukan sesuatu. Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. Perlu dipahami bahwa terjadi kekurangan ketersediaan masker di seluruh dunia .

Tingkat penyebaran yang tinggi akibat belum tersedianya vaksin COVID-19 membuat cara mencegah menjadi upaya terbaik agar tidak tertular penyakit zoonotik ini. Selalu tetap bersikap tenang dan tidak sampai memiliki ketakutan berlebihan atas virus corona. Namun dengan tetap tenang dan melakukan sejumlah tingkat pencegahan, yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Kontak kulit ke kulit dapat membuat virus SARS-CoV-2 menyebar dari satu orang ke orang lain. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa pertahankan jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain, khususnya dengan mereka yang sedang batuk, bersih, dan demam. Ketika ingin bersin atau batuk, segera tutup mulut dan hidung dengan tisu lalu membuang tisu tersebut ke tempat sampah. Jika tidak memungkinkan untuk mengambil tisu, tutup mulut dan hidung menggunakan lengan baju bagian dalam dengan posisi lengan ditekuk ke arah dalam.

Bila tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain. Sebaliknya, hasilrapid test COVID-19 negatifjuga belum tentu menandakan bahwa Anda terbebas dari COVID-19. Oleh sebab itu, apa pun hasil fast take a look at Anda, konsultasikan dengan dokter agar dapat diberikan pengarahan lebih lanjut, termasuk perlu tidaknya mengonfirmasi hasil tes tersebut dengan tes PCR. ALODOKTER juga memiliki fitur untuk membantu Anda memeriksa risiko tertular COVID-19 dengan lebih mudah. Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung bila batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.

Bahkan, kesadaran diri dan kedisiplinan setiap orang untuk mematuhi protokol kesehatan menjadi kunci pencegahan paparan virus Corona. Upaya mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan dampak Covid-19 pun harus dilakukan secara terus-menerus, dan menyeluruh. Hubungi hotline 119 Ext 9 atau periksakan diri ke RS rujukan Covid-19 di daerah tempat tinggal. Lakukan prosedur seperti mengenakan masker agar tidak menularkan petugas kesehatan dan hal-hal lain yang bisa meminimalkan paparan terhadap orang lain sepanjang perjalanan ke rumah sakit.

Berada dalam keramaian atau sekelompok orang membuat kamu akan berpeluang menularkan atau tertular virus COVID-19. Keramaian disini termasuk tempat beribadah karena kamu mungkin harus duduk atau berdiri berdekatan dengan jemaat lain. Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti ponsel, make-up game slot online, atau sisir. Penting juga untuk tidak menggunakan peralatan makan dan sedotan yang sama dengan orang lain termasuk keluarga kamu sendiri. Ia juga menambahkan, agar untuk mempertimbangkan untung dan risikonya.

Vaksin tersebut diharapkan dapat memberikan pencegahan terhadap penyakit COVID-19. Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.