Eight Fakta Dan Profil Lengkap Dewa Kipas Yang Membuat Gothamchess Geram

Pertandingan catur antara Dadang Subur yang tenar dengan sebutan Dewa Kipas kontra Woman Grand Master Irene Kharisma Sukandra yang dilaksanakan pada Senin, 22 Maret 2021 menyorot perhatian netizen. Usai akun Dewa Kipas diblokir, sang anak, Ali Akbar mengangkat cerita ini ke dunia maya dan kemudian menjadi viral. Setelah viral di Tanah Air, akun GothamChess kemudian mendapat serangan dari warganet Indonesia.

Hal unik yang dilakukan Dadang saat bermain catur adalah kebiasaan mencatat tiap langkahnya. Sebelum mengenal Chess.com, Ali menyebut ayahnya sering bermain melawan komputer di aplikasi Shredder Chess. Tentu saja Dadang belajar keras memahami cara bermain game catur online ini karena dirinya mengaku gagap teknologi. Tuduhan itu mencuat setelah akun Dewa_Kipas yang dipegang oleh Dadang Subur berhasil mengalahkan gamer catur kelas dunia Levy Rozman atau lebih dikenal sebagai GothamChess.

Tadinya Rozman menutup kanal Youtube karena mendapat serangan dari warganet Indonesia. Serangan dilancarkan karena warganet yakin Rozman adalah dalang di balik ditutupnya akun Dadang Subur alias Dewa Kipas di Chess.com. Memang, setelah kalah dari Irene dalam laga itu, Dadang Subur alias Dewa Kipas masih tetap membawa pulang hadiah senilai Rp a hundred juta. “Jadi @irene_sukandar mengalahkan Dewa_Kipas 3 permainan online-0. Akurasinya kurang dari forty% dalam permainan. Lebih dari 1 juta orang menonton pertandingan tersebut,” tulis @GothamChess, melansirSuara.com, Senin (22/three/2021). Terkait hal ini, GothamChess alias Levy Rozman, pecatur asal Amerika Serikat yang pernah dikalahkan Dewa Kipas di platform catur online Chess.com memberikan pernyataan.

Akan ada banyak pecatur-pecatur jalanan di Indonesia yang mencoba peruntungan di catur online. Urusan psychological, pemain-pemain catur Indonesia tak perlu diragukan. Mereka terbiasa bermain di pos ronda dan pasar sambil ditonton oleh banyak orang. Hal yang belum tentu kuat dilakukan oleh semua orang sebab tekanan dari penonton selalu mampu membuat psychological menjadi tipis. Perseteruan percaturan duniawi yang melibatkan Dadang Subur alias dewa_kipas dengan Levy Rozman alias gothamchess akhirnya berakhir. Jika dilihat dari rekam jejaknya, akun itu menang 27 kali secara berturut dengan tingkat akurasi mencapai ninety eight persen.

Levy, yang sempat menjadi bulan-bulanan netizen Indonesia beberapa waktu lalu lantaran dianggap sebagai penyebab akun Pak Dadang diblokir, mengomentari ketiga ronde tersebut.

Dadang Subur memilih tidak melanjutkan satu babak tersisa karena tidak mungkin mengejar. Chess.com mengklarifikasi bahwa banned dilayangkan ke akun Dewa Kipas karena ada indikasi dan statistik berbuat curang. Percasi juga mengungkap information grafik permainan Dewa Kipas yang terlalu bagus dan menyerupai BOT . Dewa Kipas dituding berbuat curang dalam duel catur dengan GothamChess di situs Chess.com. Dadang yang mengalahkan Levy Rozman disebut menggunakan bantuan mesin.