CF atau VPS untuk Trafik Tinggi Sebuah Blog

kemarin sore, tepatnya 18 Januari 2017 blog ini tidak dapat diakses, setelah saya cek di cpanel, ternyata penggunaan cpunya 99 persen. dan ketika jam sore, tepatnya jam 5 sore sampai jam 8 malam, salah satu blog trafiknya cukup tinggi, sehingga penggunaan cpu menjadi semakin banyak.

hal diatas mengakibatkan blog yang trafikanya tinggi tersebut tidak dapat diakses, kalaupun bisa itupun lambat. dan akibat yang kedua adalah blog-blog lain pun akan mengalami hal yang sama, karena saya hosting di shared hosting, sehingga bila terjadi sesuatu yang menimpa sebuah blog, yang hubungannya dengan traffik, maka blog-blog lainpun akan terkena dampak yang sama.

njebol2

CloudFlare Sebuah Solusi

kemarin sore langsung ngobrol dengan teman, bahwa salah satu mengatasi permasalah ini adalah dengan menggunakan cloudflare [CF], dan sayapun mencobanya untuk satu domain dengan trafik tinggi tersebut. ada beberapa pilihan dari CF ini, dan saya memilih layanan gratis, saya ikut step-by stepnya, kemudian tinggal memasukan nameserver dari CF di layanan domain saya.

Untuk hasil belum kelihatan, karena saya cek di hosting sayapun, penggunaan CPU masih 99persen, hal itu mungkin karena baru 1 domain yang saya ganti atau apa kurang tahu.

Pindah VPS

solusi lain yang nantinya akan saya pakai adalah memindah 1 atau 2 domain dengan trafik tinggi tersebut dengan menggunakan vps, ada 2 kemungkinan vps yang akan saya gunakan, yaitu manage dan unmanage, melihat kondisi finansial nanti.

kalo unmanage kemungkinan akan menggunakan vultr atau digital ocean, karna harganya memang cukup terjangkau. namun ini menunggu kondisi hosting, bila soluis pertama bisa mengatasi, maka solusi kedua ini tidak akan dilaksanakan.

Leave a Reply