Begini Cara Menghadapi Orang Serumah Yang Tertular Covid

Bila Anda mungkin terpapar virus Corona tapi tidak mengalami gejala apa pun, Anda tidak perlu memeriksakan diri ke rumah sakit, cukup tinggal di rumah selama 14 hari dan membatasi kontak dengan orang lain. Bila muncul gejala, baru lakukan isolasi mandiri dan tanyakan kepada dokter melalui telepon atau aplikasi mengenai tindakan apa yang perlu Anda lakukan dan obat apa yang perlu Anda konsumsi. Banyak orang yang mengira bahwa penggunaan masker meskipun dalam keadaan sehat merupakan cara efektif mencegah COVID-19. Pemakaian masker lebih efektif dilakukan pada orang sakit dan tenaga kesehatan yang sering berkontak dengan pasien yang terinfeksi.

Tidak ada yang ingin terkena penyakit Covid 19 ini, sebisa mungkin tidak menyebut pasien covid dengan sebutan “korban”. Ketika seseorang diberikan julukan korban Covid 19, hal itu dapat memengaruhi kepercayan diri yang dimiliki oleh pasien tersebut. Lakukan kegiatan positif yang dapat meningkatkan temper anda seperti berolahraga di dalam rumah jika memungkinkan, mendengarkan musik, membaca buku, melukis/menggambar dan hal lainnya . Maka itu, agar tidak terlalu merasa cemas hingga tubuh dan pikiran tidak sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola perasaan ini.

Sehingga hal-hal yang harus dilakukan adalah gunakan masker kain, karena masker bedah dan N95 hanya untuk petugas medis. Hindari kerumunan, jaga kesehatan diri sendiri, jangan lakukan perjalanan ke manapun, ke luar rumah hanya diperlukan, selebihnya di rumah. Kita bisa lindungi diri kita, keluarga kita, tetangga kita dan bangsa kita. Hanya kita dan kita sajalah yang bisa lindungi bangsa ini hadapi COVID-19,” kata Yuri tegas. Hindari bepergian ke luar rumah saat Anda merasa kurang sehat, terutama jika Anda merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka.

Kecemasan, ketakutan bahkan perasaan tidak berdaya sangat wajar dirasakan saat ini. Cari kegiatan positif yang dapat membuat anda dan orang terdekat merasa lebih tenang. Memasak, membaca, dan mendengarkan musik, berolahraga ringan atau merapikan tempat tinggal dapat membantu untuk mengalihkan perhatian.

Dari semua aspek yang menjadi tantangan saat ini, saya konsentrasi pada aspek pendidikan, yang esensial untuk didiskusikan. Aspek pendidikan menjadi konsentrasi penulis, karena telah berpuluh tahun bergelut di bidang ini dalam kapasitas sebagai peneliti, praktisi hingga perumus kebijakan. Namun, jangan biarkan ketakutan pada jarum suntik membuat Anda tak jadi disuntik vaksin Covid-19. Terdapat sejumlah cara mengatasi rasa takut jarum saat disuntik vaksin. Jika kamu sedang berada di luar dan tidak memungkinkan mencuci tangan, pastikan untuk menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk membunuh kuman.

Faktanya, kata Yaya, sapaan akrabnya, berbanding terbalik dengan insiatif rakyat yang sudah berjalan. Selama ini, masyarakat masih mengandalkan sistem kesehatan adat karena minim infrastruktur dan sistem pelayanan kesehatan dan pengobatan dari pemerintah. AMAN dan Walhi, mengeluarkan seruan bersama menyikapi pandemi Corona. Rukka Sambolinggi, Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara menginstruksikan seluruh perangkat organisasi dan komunitas adat menutup sementara akses keluar masuk di setiap wilayah adat.

Dengan adanya PSBB ini pemerintah DKI berharap pencegehan penularan covid-19 lebih efektif karena ada sanksi tegas untuk yang melanggar. ”Prinsipnya, selama tiga pekan terakhir Jakarta sudah melakukan pembatasan dengan bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Sekarang, aturan PSBB akan dibuat mengikat dengan sanksi tegas yang boleh diterapkan langsung di lapangan oleh polisi, TNI, ataupun aparat pemerintah provinsi yang berpatroli,” ujar Anies (Kompas, 8 Slot online via deposit pulsa/4/2020). Langkah strategis juga segera diambil pemerintah terutama dalam bidang kesehatan.