Atlet Catur Wanita Indonesia Di Bawah 25 Tahun Yang Sukses Meraih Gelar Internasional

Bayangkan, untuk belajar pertahanan Caro-Kann itu, ada yang sampai setahun lebih prosesnya. Kemudian di bawahnya, Pak Dadang, tercatat dipost hingga eight.000 tweet. Berikut beberapa komentar warganet soal pertandingan Dewa Kipas vs Irene Kharisma Sukandar. Tak hanya Twitter, warganet Indonesia juga meramaikan pertandingan tersebut di media sosial Twitter.

Dengan cepat, catur kemudian mulai dikenal di seluruh penjuru dunia dan terus mengalami perkembangan dari segi permainan. Perkembangan ini membuat catur menjadi lebih menarik dan lebih seru sehingga menjadikannya sebagai permainan rekreasi paling favorit di Persia. Pertama, permainan ini memiliki bidak-bidak yang berbeda dengan kekuatan yang berbeda.

Paket GM disertai dengan reportoir pembukaan catur yang komplit, dijelaskan dengan baik dan bervariasi. Penting sekali loh belajar pembukaan catur dengan baik, karena gak cuma belajar opening tapi juga middlegame yang dihasilkan dari opening yang kalian lakukan. Gak cuma menghafal opening apa aja yang benar, tapi juga mengerti Tembak ikan opening yang baik itu seperti apa. Opening yang baik sangat penting buat penampilan yang baik juga, karena menentukan strategi dan taktik yang dipakai buat posisi yang kalian jalankan. Sering kali karena opening yang jelek, pecatur bisa kalah posisi yang bahkan ujung-ujungnya bisa bikin kalah di akhir-akhirnya.

Kedua, kemenangan dalam permainan ini didasarkan pada kondisi satu bidak, yakni bidak raja seperti catur fashionable. – Belakangan ini permainan catur kembali banyak diminati oleh masyarakat, khususnya setelah kontroversi Dewa Kipas vs GothamChess yang viral di jagad dunia maya. Sedangkan ketika bertemu Mongolia di babak 8, Indonesia meraih kemenangan 2-4 dan lagi-lagi perolehan full poin lewat sumbangan Novendra dan Ummi. GM Susanto Megaranto yang bermain di meja satu juga tampil apik menundukkan GM Sumiya Bilguun. Sementara IM Irine Kharisma Sukandar dan WIM Chelsie Monica Sihite di meja three serta 4 bermain remis.

Menurut keterangan anak Dadang, Ali, akun Dewa_Kipas diblokir oleh Chess.com lantaran banyaknya laporan yang masuk. Ia juga menuturkan bahwa sang ayah dianggap melakukan kecurangan lantaran alur permainan yang tidak wajar. Namun di sisi lain, Kristianus berpesan agar atlet kelahiran 1999 itu tetap rendah hati. Pasalnya, aspek mental menjadi seorang GM sangat teruji dan rentan menjadi penyebab kesombongan dan penghancur karier seorang atlet. “Kami dari sponsor juga menyiapkan tim psikolog khusus untuk melatih mental Novendra,” jelasnya. Novendra yang kini memiliki score 2495 itu, hanya butuh lima poin lagi agar bisa dinobatkan sebagai GM.